Cara Memasang Kotak Komentar di Bawah Posting

Berbicara tentang fakta Cara Memasang Kotak Komentar di Bawah Posting dan penggunaan form komentar blogger.com yang agak rumit, mungkin ada benarnya. Tapi tunggu dulu, sebab itu dulu sekali. Sebagai akibat dari komplain dari penggunanya, Blogger.com telah memperbaiki salah satu fiturnya tersebut. Tidak percaya, coba kamu kunjungi dan baca posting Embedded Comment Form di bawah posting oleh dan Kotak Komentar Di bawah Posting. Kalau kamu lagi suntuk dan ingin buru-buru ingin memulai trik blogger mengenai memasang kotak komentar di bawah posting, mari bersama-sama kita mengulas one by one :

Langkah I

1. Login ke account blogger kamu.
2. Di Dasbor title blog kamu --> klik tab Pengaturan --> pilih sub tab Komentar atau dalam Kustomisasi --> pilih tab Pengaturan --> klik sub tab Komentar.
3. Di bawah sub tab Komentar --> Cari "Penempatan Formulir Komentar" dan beri tanda "Disemat di bawah entri".
4. Simpan Setelan.



Kemudian lihat blog, apabila letak formulir komentar blog kamu telah berada di bawah posting berarti trik blogger kamu telah berhasil dengan sukses.

Tapi jika ulasan trik di atas belum merubah posisi formulir komentar blog, itu artinya kamu sudah pernah melakukan modifikasi template blog tersebut. Jadi gimana dong? Jangan pakai bete dulu, karena masih ada alternatif trik blogger lain yang dapat kamu kerjakan. Sudah siap... OK.


Langkah II

* Pilih tab Tata Letak --> Edit HTML --> centang "Expand Template Widget".


Sebelum melakukan edit template, sebaiknya simpan dulu template kamu yang ada dengan meng-klik tulisan Download Template Lengkap. Kemudian simpan dalam harddisk atau media penyimpanan lainnya, sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kamu sudah memiliki back-up untuk mengembalikannya seperti semula.

* Cari kode di bawah ini [kode HTML dalam setiap blog mungkin berbeda, tapi memiliki kemiripan (ex :<div class='comment-footer'> atau <div id='comment-footer'>)] :

<p class='comment-footer'>

<b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl'
expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
</b:if>

</p>


Tips : Kalau susah mencarinya, coba tekan tombol F3 di keyboard. Maka akan muncul menu toolbar pencarian di bawah browser (Firefox), sehingga kamu tinggal memasukkan kata yang ingin dicari.

* Ganti kode di atas dengan kode berwarna hijau di bawah ini :

<p class='comment-footer'>

<b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
<b:include data='post' name='comment-form'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl'
expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
</b:if>
</b:if>

</p>


Ingat : kode "p class" memiliki kemiripan dengan "div class" atau "div id" (tergantung template blog).

* Jangan lupa disimpan

Lihat blog kembali, jika masih belum berhasil. Coba ulangi trik blogger memasang kotak komentar di bawah posting pada "Langkah Pertama", setelah kamu melakukan trik pada "Langkah II". Dan semoga berhasil?!?

Selamat memasang kotak komentar di bawah posting...

Wacana Yang Seide:
membuat scrolling element komentar
Cara Pasang Avatar Mybloglog dalam Komentar

0 comments:

 
Tutorial Seo Blogger | Cara Membuat Blog di Blogspot Gratis 2014 Support Blogger Info Seo Privacy Policy