Mengapa blog ini dofollow

Terlalu banyak uraian yang akan bisa dijelaskan jika ingin merunut semua alasan. Mendukung atau tidak, terkadang masih saja dipermasalahkan. Untuk pertanyaan ini, saya ingin sekali bisa bekata se-obyektif mungkin, tapi juga tidak akan bisa dipungkiri, bahwa saya pribadi melakukan Do Follow semata-mata karena alasan Subyektif. Saya tidak bisa memaksa siapapun untuk mengikuti sebuah pergerakan yang mungkin sudah cukup banyak "pengikutnya". Begitu banyaknya argumentasi yang meluncur, bisa-bisa membuat kita malah lupa dengan tujuan awal Blogging.

Sebelum membahas kenapa Do Follow, maka kita akan coba dulu menjawab, kenapa Blog kita pada settingan standar, diberi "tag" NoFollow.

Berikut adalah salah satu saran Google (diambil sebagai sample Search Engine) yang saya kutip dari Official Blog-nya yang kemudian di-amini oleh blogspot (-anggap kita lupa bahwa blogspot juga milik Google :)
If you're a blogger (or a blog reader), you're painfully familiar with people who try to raise their own websites' search engine rankings by submitting linked blog comments like "Visit my discount pharmaceuticals site." This is called comment spam, we don't like it either, and we've been testing a new tag that blocks it. From now on, when Google sees the attribute (rel="nofollow") on hyperlinks, those links won't get any credit when we rank websites in our search results. This isn't a negative vote for the site where the comment was posted; it's just a way to make sure that spammers get no benefit from abusing public areas like blog comments, trackbacks, and referrer lists.
Sejauh yang bisa kita pahami, jadi cuma satu alasan. Search Engine TIDAK menyukai SPAM, begitu pula kita. Ini adalah sebuah tindakan preventif yang bisa dilakukan untuk menghentikan usaha SPAMMING. Dengan adanya "tag" ini, seperti sudah sebut diatas, secara teknis, link menuju situs SPAM tersebut, tidak akan di"anggap" oleh Search Engine.

Saya ingatkan untuk jangan dulu membabi-buta mendefinisikan SPAM pada setiap yang berkomentar. Coba cari referensi dan pahami dulu Apa itu SPAM.

Lalu apa dampak adanya SPAM di Blog kita :

1. Karena Search Engine tidak menyukai SPAM, maka Search Engine juga tidak menyukai Blog yang menjadi Gudang SPAM.
2. Pagerank (untuk SE Google) juga akan berpengaruh (biasanya turun), mengingat jumlah halaman blog kita yang diindeks juga akan semakin sedikit.
3. Mengganggu kenyamanan karena setiap saat disibukkan dengan "iklan" yang tidak kita mau.


Mengingat perihal diatas, maka saya pribadi hanya sanggup mengutarakan sebab kenapa Blog ini mendukung Do Follow :

1. Do follow memberi semacam timbal balik yang setimpal atas siapapun yang berkenan menanggapi tulisan lewat komentar. Setidaknya, ini menghindarkan saya terhadap sifat lupa untuk berterimakasih.
2. Apapun tujuan setiap yang berkomentar, setidaknya telah ikut juga diindeks oleh search engine, jika tulisan di blog tersebut telah diindeks oleh search engine.
3. Terdapat harapan bahwa nantinya akan muncul sebuah lingkup kepercayaan antara pembaca (yang juga penulis), dengan penulis (yang juga pembaca) :)
4. Jika suatu saat Blogroll sudah terlalu panjang, kesempatan untuk memberi Backlink kepada blogger lain, masih dimungkinkan, yaitu cukup dengan berkomentar.
5. Saya tidak peduli dengan naik turunnya pagerank Blog saya.

Selebihnya, semuanya tergantung kawan-kawan. Apakah ingin menebar Backlink bagi siapapun yang berkenan komentar, sementara tetap waspada pada SPAM. Jika Ya jawabannya silahkan Do Follow-kan Blog kawan-kawan.

2 comments:

MinoriAyah said...

Setuju ! segala hal pasti ada sisi positif dan negatifnya. tp yang penting selalu berpikir positif !

Maswid said...

like this

 
Tutorial Seo Blogger | Cara Membuat Blog di Blogspot Gratis 2014 Support Blogger Info Seo Privacy Policy