Daftar Feed pada Feedburner Google

Feedburner adalah satu situs yang memberikan layanan dalam hal syndikasi atau feed. Semua posting kita terdokumentasi secara penuh. Dan yang lebih menarik adalah bahwa Feedburner sekarang telah diakuisisi oleh google (beruntunglah pengguna blogspot, ga perlu capek-capek lagi) sehingga namanya berubah menjadi Feedburner Google.

Keuntungan lainnya adalah blog anda akan cepat terkenal. Kenapa ? Pada Feedburner ada fitur subscriber yang berfungsi agar pengunjung anda dapat mengetahui atau update post-post terbaru kita. Dan feedburner ini dapat didaftarkan pada berbagai search engine dan blog directory agar mendapat update post kita. Asik kan ? Layanan gratis pula !

Seperti saya sebutkan di atas, feedburner sudah diambil alih oleh google, jadi layanan ini bagi pengguna blogspot yang notabene sudah punya account di google akan lebih mudah. Tinggal masuk ke account google dan klik pada feedburner. Kalau belum terpaksa bikin account dulu...

Selanjutnya :

1. Akan muncul halaman ucapan selamat datang (welcome) dari feedburner

2. Isi kotak di bawah tulisan Burn a feed right this instant dengan alamat blog anda. Contoh :http://tutorial-seo-blogger.blogspot.com

3. Klik tombol Next

4. Ubah Feed Title dengan Feed Address jika mau di ubah (terserah anda), kemudian klik tombol Active Feed

5. Muncul ucapan Conrats, klik saja langsung tombol Next

6. Beri tanda centang pada kotak di samping tulisan Clickthroughs dan I want more ! have FeedBurner stats PRO also track (sekarang layanan yang PRO sudah gratis sejak diakuisisi oleh google)

7. Klik tombol Next

8. Untuk 0ptimalisasi Klik tab Optimize

9. Klik SmartFeed lalu klik tombol Activate

Yang lain silahkan setting sesuai keinginan anda. Kenapa SmartFeed yang saya tekankan ? Karena fitur ini berfungsi agar feed kita kompatibel atau match dengan berbagai jenis feed reader.

10. Selanjut klik tab Publicize

11. Klik PingShot

Satu lagi yang menurut saya penting adalah menghidupkan fungsi pingshot, agar setiap kali posting baru kita publish, feedburner akan segera memberitahu berbagai search engine atau blog directory
12. Beri centang pada kotak disamping Ping-o-matic

13. Klik Activate

14. Selesai sudah.

Untuk fitur-fitur lainnya silahkan di-explore sendiri yah...

Semoga bermanfaat.

Upss... ada yang ketinggalan satu lagi yaitu mengaktifkan fitur Awarness API. Fungsinya adalah memperbolehkan pengembang (developer) dalam hal ini pemilik feedburner, membuat aplikasi yang mempelihatkan, menganalisa dan mempromosikan data trafik feed kita diluar Feedburner.

Caranya :
Masih pada halaman Publicize (langkah no. 10), klik Awarness Api, kemudian klik Activate.
Ok. Mudah-mudahan tidak ada yang terlewat lagi. Kalau ada nanti kita bahas lagi ok?!

0 comments:

 
Tutorial Seo Blogger | Cara Membuat Blog di Blogspot Gratis 2014 Support Blogger Info Seo Privacy Policy